Berkunjung ke Istana Kuning yang Eksotis di Pangkalan Bun

Nyepik.com - Salah satu objek wisata sejarah yang menarik dan wajib dikunjungi ketika datang ke Pangkalan Bun adalah berkunjung ke Istana Kuning, kunjungan ke Istana Kuning kali ini masih berhubungan dengan kegiatan Traveling & Teaching 1000 Guru Kalteng tanggal 5-8 mei 2016, sudah dua minggu lalu, hehe sebenarnya ke Istana Kuning ini di luar jadwal kegiatan, tapi karena kebetulan dilewati pas jalan pulang, yahh mampirlah dulu barang sejenak, seperti  ada pepatah yang bilang 'Sekali berlayar dua, tiga pulau terlampaui' . Oke lah mari kita mulai saja jalan-jalan ke Istana Kuning, tapi tunggu dulu buat yang penasaran kayak mana serunya kegiatan Teaching bersama kakak-kakak kece dari 1000 Guru Kalteng boleh singgah sejenak dimari Serunya Traveling & Teaching #6 Bersama 1000 Guru Kalteng atau pingin tau serunya kegitatan Traveling? sila merapat Menyusuri Keindahan Taman Tanjung Puting Bersama 1000 Guru Kalteng .
Poto. Dok. Pribadi, Halaman Istana Kuning
Minggu pagi, 8 Mei 2016 rombongan 1000 Guru Kalteng sudah bersiap pulang, kami berpamitan dengan dengan Ibu pengurus yang ada di PMI, terima kasih banyak Ibu sudah diperkenankan kami 'singgah dan mengotori' kantor Ibu, terima kasih untuk kantor PMI Pangkalan Bun, sekali lagi biarlah Gusti Alloh yang membalas kebaikan Ibu dan rekan-rekan di PMI, heheu

Segera kami menuju Damri yang sudah menunggu kami, kami berjalan sebentar karena pagi itu jalan di sepanjang kantor PMI digunakan untuk Car Free Day, sehingga bis tidak bisa merapat ke iddalam PMI, tidak kurang dari 10 menit kami naik bis, kami sudah sampai ke area Istana Kuning, segera kakak panitia dari 1000 Guru Kalteng menemui petugas yang berjaga di sana, dan memesan tiket untuk kami masuk, tiket masuk terbilang murah sebesar Rp. 5000; , kami langsung urunan swadaya untuk membayar tiket kami masing-masing.
Kami memasuki pintu gerbang Istana, yang pagi itu masih sangat sepi, bahkan rasanya cuma rombongan kami yang pertama masuk. Berbeda dengan istana atau keraton kerajaan-kerajaan lainnya, istana Kutaringin yang dikenal dengan sebutan Istana Kuning itu tidaklah megah. Meski begitu, keindahan yang eksotis tetap terpancar dari Istana Kuning.

Kami melihat-lihat sekeliling istana, mengamati bangunan yang ada, di halaman Istana Kuning tedapat 4 meriam yang dipajang di halamannya. Istana sendiri memiliki 4 bangunan yang terbuat dari kayu dan berbentuk rumah panggung, yang khas dengan kultur masyarakat kalimantan.

Kami bertemu dengan 'juru kunci' Istana, beliau adalah Bapak Gusti Rusli yang kemudian mengajak kami masuk ke dalam bagian utama Istana, sebelum kami masuk di depan pintu Pak Rusli 'mewanti-wanti' memberi pengarahan untuk menjaga sikap selama di dalam ruang utama Istana, beliau berpesan sebaikanya bagi yang sedang datang tamu bulananya sebaiknya ga usah masuk, dan gunakan pakaian yang sopan, kami dianjurkan terutama yang cewek untuk memakai celana panjang atau memakai sarung kah, yang bisa untuk menutupi bagian kaki, yang tak kalah penting juga, berfoto-fotolah sewajarnya, maklumlah kalo sudah asik poto bisa kilaf kitakk, hahaha.

Poto Dok. Pribadi, Bapak Gusti Rusli Sedang Menjelaskan Silsilah Kerajaan
Di dalam Keraton Kuning dulunya adalah tempat tinggal Raja. Saat ini di dalam Keraton hanya berisi barang-barang sisa peninggalan Kesultanan. Di tengah-tengah terdapat kain bercorak kuning hijau yang dipasang di tembok. Ada tombak-tombak, guci, lukisan wajah raja-raja Kesultanan dari yang pertama hingga saat ini yang ke-15, dan juga kereta kencana terparkir di dalamnya. Meski terbilang cukup sederhana sebagai Keraton, aura mistis tetap terasa di dalam Istana Kuning ini.
Poto Dok. Pribadi
Sambil menunujukan Gambar Istana yang berada pada salah satu dinding, Bapak Gusti Rusli menjelaskan Istana Kuning pernah terbakar pada tahun 1986 lalu. Hanya sedikit barang-barang peninggalan Kerajaan yang berhasil diselamatkan, dan kemudian Istana dibangun lagi.

'Terus di mana sekarang Raja tinggal?', tanya seorang teman, kemudian Gusti Rusli kembali menjelaskan, 'Raja Kesultanan Kutaringin saat ini bernama Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah yang naik tahta pada tahun 2010 menggantikan sang ayah, Raja ke-14 Pangeran Kesuma Anum Alamsyah. Saat ini Sultan Alidin Sukma tinggal di Solo - Jawa Tengah. Keluarga Kerajaan Kutaringin memang banyak yang hidup dan tinggal di Solo sejak kecil karena Raja ke-14 Sultan Kesuma Anum menikah dengan cucu Pakubowono IX bernama B.R Ayu Subakdinah.

Kami berjalan berkeliling mengamati setiap sudut bagian Istana, sambil terus mendengarkan penjelasan dari Bapak Rusli, tiba kami di depan sebuah Pintu yang tertutup rapat, dan ketika salah satu dari kami minta ijin untuk membuka beliau tidak mengijinkan, menurut beliau itu adalah ruangan khusus bagi raja, orang boleh liat kalo memang Raja sedang berada disitu. Kalau diperhatikan memang pintu itu terlihat sakral dengan ukiran yang khas.
Poto. Dok Pribadi, Poto dululah sebelum pulang
Setelah selesai berkeliling, kami segera mohon pamit kepada Bapak Rusli, dan kami segera menuju Bis kami yang sudah menunggu di area parkir di depan Gerbang Istana, kalo menurut saya masih banyak misteri dan cerita menarik tentang Istana Kuning, tapi setidaknya dengan penjelasan Pak Rusli cukup bisa menggambarkan tentang keadaan Istana Kuning, nah bagi teman-teman yang kebetulan mungkin ada rencana ke kota Pangkalan Bun, selahkan berkunjung ke sana dijamin tidak menyesal. Menikmati keindahan Istana dan itung-itung sambil menambah wawasan sejarah kita, hahaha, karena kata Bapak Pendiri Bangsa "Jangan Sekali-kali melupakan Sejara.

Bus membawa kami semakin jauh meninggalkan kota Pangkalan Bun, rombongan akan kembali ke Palangka Raya, bagi saya, saya akan kembali ke habitat saya, turun  dimana saya naik ketika berangkat. Terlalu banyak cerita dan kenangan indah selama 3 hari bersama 1000 Guru Kalteng, hanya ada satu hal yang bagi saya tidak mengenakan, terlalu cepat kebersamaan kami, dan seperti hal yang sudah-sudah setiap ada pertemuan akan pasti diakhiri dengan perpisahan, selamat kembali ke kehidupan masing-masing, selamat meraih mimpi, semoga tetap menginspirasi dan Sampai Jumpa di Waktu yang Tak Terduga.

Simak Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkunjung ke Istana Kuning yang Eksotis di Pangkalan Bun"