Inilah 8 Fitur Tersembunyi di WhatsApp

Nyepik.com - Siapa yang ga tau Aplikasi pesan instan WhatsApp, hampir semua pengguna smartphone pasti punya program ini. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform artinya bisa dijalankan pada berbagai sistem operasi, seperti IOS, Android, Blacberry, Symbian, maupun Windows Phone. Whatsapp atau WA memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk browsing web, atau memuka email dan lainya.
Logo WhatsApp, gambar dari: wikimedia.org
Aplikasi pesan instan yang sekarang menjadi milik Raksasa Sosial Media Facebook ini ternyata mempunyai fitur-fitur tersembunyi yang mungkin kita belum tau. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk menjaga privasi, mengurangi konsumsi data, hingga menyimpan berbagai percakapan ke dalam bentuk teks.

Nah berikut inilah 8 Fitur tersembunyi dari Whatsapp, yang Nyepik lansir dari tekno.kompas.com, mari disimak, 

1. Menyembunyikan “Last Seen” atau terakhir kita terlihat aktif menggunakan Whatsapp
Bisa saja fitur "Last Seen" atau terkhir terlihat pada Whatsapp bagi sebagian orang itu mengganggu privasi. Untuk itu kita bisa menyembunyikan fitur "Last Seen" ini. Caranya, pilih menu Setting, kemudian pilih tab Account dan Privacy. kita akan menemukan tab bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up, kita bisa memilih Everybody agar semua orang bisa melihat “Last Seen” tersebut, pilih My Contact supaya hanya orang dalam buku kontak saja yang bisa melihat, atau pilih Nobody agar tidak ada satu pun yang bisa melihat informasi tersebut. Mari dicoba, hehe

2. Backup percakapan atau membuat cadangan data 
Kita bisa membuat cadangan data percakapan sehingga ketika kita berganti ponsel, semua percakapan lama bisa dibalikin/dipulihkan kembali. Caranya, caranya masuk menu pengaturan atau Setting, carilah tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan ke dalam Google Drive. Cukup dengan memasukkan akun Gmail kita, serta mengatur agar aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Selanjutnya semua akan berjalan otomatis.

3. Menyimpan percakapan dalam bentuk teks 
Ternyata semua percakapan di dalam WhatsApp bisa di simpan ke dalam bentuk teks. Ini berguna bila kita  termasuk orang yang senang menyimpan berbagai arsip percakapan. Caranya, bukalah tab obrolan yang ingin kita simpan dalam bentuk teks. Sentuh tiga titik yang berada di kanan atas, lanjutkan ke tab/menu More dan sentuh pilihan Email Chat. Selanjutnya kita bisa memilih apakah akan menyertakan berbagai media di dalam percakapan atau hanya teks saja. Setelah memilih akan muncul email untuk mengirimkan percakapan tersebut.

4. Blokir kontak
Tentu ketika kita menggunakan layanan pesan insatan sering mendapatkan broadcast, yang menurut jita kadang menggangu, atau sering mendapatkan pesan spam dari orang tak dikenal, kalau ga nyamana kita Blokir saja. WhatsApp memang memberikan fitur tersebut dan bisa diakses dengan mudah. Caranya, buka percakapan dengan orang yang dituju. Sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tab More. Anda akan menemukan pilihan Block di antara menu yang muncul. Sentuhlah, dan pemblokiran pun selesai.

5. Menghentikan dowload otomatis
Biasanya berbagai foto dan media yang dikirimkan melalui WhatsApp akan terunduh/terdownload otomatis terunduh. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya yang cukup besar, selain juga menghabiskan paket data.
Untuk itu kita bisa mengubah pengaturan agar semua media yang diterima nomor WhatsApp kita tidak otomatis terunduh. Caranya, masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut. Ada tiga tab, yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Pada masing-masing tab bisa dipilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali. Nah bisa nih hemat paket data kita, hehe

6. Tanda bintang (Melihat berbagai pesan yang sudah ditandai)
Kita bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada di WhatsApp. Tanda ini berguna untuk mencatat berbagai informasi penting, seperti alamat rumah atau nomor telepon. Caranya, pilih pesan yang ingin ditandai, sentuh dan tahan selama beberapa detik. Akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp, tepat disamping ikon “delete”. Pilihlah tanda bintang tersebut. Bila ingin melihat berbagai pesan yang sudah ditandai bintang, kita cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan “Starred messages”. Kalau kita perhatikan ini seperti fitur likes pada twitter ya....

7. Sembunyikan tanda read
Setiap pesan yang dikirimkan dan sudah dibaca akan ditandai dengan centang biru. Bila kita tak ingin lawan bicara mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, kita bisa mengubahnya. Caranya, Masuk ke menu Settings, lalu Accounts dan Privacy. Di dalamnya, tepatnya di bagian bawah, cari tab bertuliskan Read Receipts. Hapus tanda centang di tab/menu tersebut untuk menon-aktifkannya.

8. Huruf tebal dan miring
WhatsApp kini bisa menampilkan huruf dalam format tebal (bold), miring (italic), dan dicoret (strike through). Kita bisa melakukannya dengan cara memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat. Agar menjadi tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*. Bila ingin membuatnya miring, gunakan tanda underscore  (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~.

Itulah beberapa fitur tersembunyi yang ada pada Whatsapp, mungkin kelihatan sepele, tapi kalau kita belum tau carananya jadi ga sepele, Silahkan dicoba biar lebih greget, hahaha. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

via: tekno.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 8 Fitur Tersembunyi di WhatsApp"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *