TOR 'Browser' Bisa Membuat Pengguna Internet Menjadi Anonim

Nyepik.com - Apakah kamu pingin identitasmu tidak diketahui ketika menggunakan internet, dengan alasan privasi? atau pingin lebih aman dari serangan Hacker? ya hal itu bisa dilakukan dengan tool khusus yaitu TOR atau The Onion Router. Tor (The Onion Router) adalah teknologi yang digunakan oleh seseorang saat mereka ingin menjelajah internet secara anonim.
Foto: thehackernews.com, Tor Browser
Meskipun Tor sering disebut sebagai tool bagi orang yang ingin melakukan kegiatan ilegal di internet, tapi sebenarnya ia juga dapat digunakan untuk melindungi penggunanya dari pada hacker atau dari pantauan pemerintah, terutama mereka yang tinggal di negara-negara yang memiliki regulasi internet yang ketat. Tor berfungsi menyembunyikan pengguna internet. Orang yang menggunakan jaringan tor menggunakan jaringan onion routers. Hal ini membuat lokasi pengguna tetap rahasia.

Kelebihan lain dari TOR adalah mampu untuk mengakses deep web, deep web  yaitu alamat website yang tidak bisa diakses dengan browser biasa, website ini biasanya mempunyai domain .union. Dikutip dari laman jurnalweb TOR pada hakikatnya adalah sebuah web browser sama seperti Google Chrome atau Firefox dan cara kerjanya pun sama. Akan tetapi, TOR memiliki kemampuan yang lebih baik dari browser yang ada terutama dalam hal mengakses informasi yang tidak dapat ditemukan melalui mesin pencari seperti Google, Bing atau yang lainnya, Saat menjalankan browser TOR maka koneksi yang asli dari pengguna akan dialihkan menuju jaringan milik TOR. Jaringan tersebut sudah di enkripsi supaya tidak dapat di deteksi pihak manapun baik dari ISP ataupun situs yang dikunjungi.

Orang yang memilih untuk berkomunikasi menggunakan Tor memiliki berbagai macam alasan terkait privasi, keamanan data dan keamanan diri, dan dengan adanya versi untuk android  yaitu ORBOT tidak menutup kemungkinan bahwa akan banyak orang yang menggunakan TOR.

sumber: teknologi.metrotvnews.com, jurnalweb.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TOR 'Browser' Bisa Membuat Pengguna Internet Menjadi Anonim"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *