Liburan ke Tanjung Keluang, Taman Wisata Alam di Pangkalan Bun

Nyepik.com - Bagi yang tinggal di Kalimantan Tengah, terutama di Kabupaten Kota Waringin Barat-Pangkalan Bun pasti sudah ga asing dengan Taman Wisata Alam Tanjung Keluang atau Tanjung Keluang Natural Park, beruntung  nih hari minggu, 22 Mei 2016 kemarin sempat datang ke sana, kami datang bersama rombongan siswa-siswi kelas 9 dan Guru dari SMP Eka Tjipta Perdana, ya semacam liburan setelah anak-anak kami berjuang di medan laga menempuh Ujian Nasional 2016, hehe, biar otak fress kembali, biar stress hilang. oh ya sebelum kita nyepikin keseruan di Taman Wisata Alam Tanjung Keluang, ada baiknya kita kepoin dulu apa sih Tanjung Keluang itu?
Poto: dok. Pribadi, Pantai Kubu
Tanjung Keluang salah satu tempat wisata di Kabupaten Kotawaringin  Barat Provinsi Kalimantan Tengah yang memiliki keelokkan pantai  dan udara yang nyaman serta fitur nuansa eksotis. Sebuah wilayah yang dimanfaatkan pula dalam upaya melestarikan ekosistem baik flora maupun fauna, terutama satwa penyu yang harus dilindungi. Taman Wisata Alam Tanjung Keluang ditetapkan  sebagai Taman Wisata Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 046/Kpts-II/1984 tanggal 12 Maret 1984 dengan luas wilayah + 2.000 ha. Tanjung Keluang termasuk tipe ekosistem pantai dengan hamparan pasir putih dan laut yang tenang, adanya tumbuhan cemara khas pantai dan mangrove merupakan panorama yang indah.Tumbuhan yang membentuk sabuk hijau bervariasi dari golongan mangrove sejati (bakau, pidada, api-api, nipah, nirih) dan non sejati (seperti pandan laut, bogem, cemara laut, kelapa) serta tumbuhan formasi pescarpae, seperti katang-katang, kacang laut, rumput teki, rumput gulung yang diselingi tanaman pionir dan tumbuhan dari ciri ekosistem lain.

Baiklah segitu dulu perkenalan kita dengan Tanjung Keluang, biar tambah seru mari kita mulai saja perjalanan kita, Minggu pagi 22 Mei rombongan berangkat dari SMP Eka Tjipta Perdana, sekedar info SMP Eka Tjipta Perdana adalah sebuah sekolah di bawah yayasan Eka Tjipta / Eka Tjipta Foundation yang terletak di Jalan Jendral Sudirman Km. 98 Sampit-Pangkalan Bun, tepatnya di desa Rungau Raya, kecamatan Danau Seluluk, dan masuk dalam wilayah Kabupaten Seruyan.  Jam 5 pagi lewat kami meninggalkan sekolah, dengan sebuah BIS yang sudah menunggu dari pagi. Perjalanan rasanya lebih segar dan adem karena mungkin masih pagi, yahhh kalau udah siang dikit tau sendirilah Kalimantan, hehe, setelah menempuh tiga jam perjalanan kami sudah sampai di kota Pangkalan Bun, untuk menuju lokasi masing sekitar kurang lebih 30 Km lagi, yahh setengah jaman lagi lagi, tiba kami di lokasi, bis langsung ambil posisi parkir dan kami satu persatu turun dan melepas lelah sebentar sambil menunggu memesan prahu klotok. Prahu klotok ini yang akan mengantar menyebrangkan kami ke lokasi Tanjung Keluang.

Sambil menunggu klotok datang kami menuju ke pinggir pantai, pantai Kubu. Pantai kubu ini memang tempat untuk 'bongkar muat penumpang' yang mau ke Tanjung Keluang, garis pantainya ga segitu panjang, tapi lumayan dipinggir-pinggir banyak pepohonan sehingga enak buat santai, sambil menikmati kapal-kapal yang parkir dan air yang tenang, atau sambil menikmati berbagai menu makanan dan minumanan yang memang banyak dijual di situ.
poto: dok. Pribadi, Suasana di atas klotok
Klotok sudah datang, kami langsung naik ke atas dam ambil posisi masing-masing, perjalanan dengan klotok untuk sampai ke lokasi masih sekitar 30 menit lagi, perjalanan 30 menit seperti ga terasa, bagi anak-anak kami mungkin ini ada yang pengalaman pertama, sehingga kalau pusing-pusing dikit atau mabuk dikit ya wajar saja, hehe.

Setelah kapal menyandar di pintu masuk Tanjung Keluang kami langsug bergegas dengan barang bawaan kami masing-masing, kami masuk area Taman, seperti yang disampaikan tadi di awal di dalam Tanjung Keluang suasanaya yang nyaman dengan pemandangan pohon-pohon cemara yang berjajar, hamparan rumput hampir semua area, serta pinggir pantai yang yang indah, Pantai Tanjung Keluang terbentuk dari hamparan pasir putih bersih dengan laut tenang, sangat cocok untuk berenang dan berjemur sambil menikmati pesona pantai yang khas. yakk kaya di pilm-pilm sebuah pulau kecil yang ada ditengah tengah laut, hehe
Poto: Dok. pribadi
Selain pemadangan Pantai yang khas, ada yang menarik lagi dari tempat ini seperti adanya fasilitas water sport (banana boot), tempat penangkaran penyu, tempat belajar melukis dengan getah nipah, dengan juga merupakan tempat yang nyaman untuk camping.

Kami ambil posisi di dekat bibir pantai, segera kami membuka tikar yang sudah kami bawa, dan makan siang di situ, ohhhh sungguh mantap, hehe. Setelah perut kenyang anak-anak sudah ga sabar untuk segera nyebur ke pantai, segera meraka ganti baju dan byurrrr.....satu persatu mereka nyebur, rasanya mungkin sudah lupa segela beban, tekanan, ketakutan ketika menjelang  Ujian Nasional dan pas UN berlangsung.
poto: dok pribadi
Anak-anak ga semua ikut nyebur, ada yang memang cuma asik dipinggir, poto-poto , duduk santai di bawah pohon sambil dengerin musik, ada yang duduk diam pucet, karena masih ada efek mabuk perjalanan tadi, hehe. ada juga beberapa anak yang sudah puas mandi langsung menuju ke tempat Banana Boat, menemui pemandu, terus mereka menyewa *untuk sewa banana boat dikenankan biaya 250 ribu selama 15 menit, lengkap dengan pelampung dan pemandunya. Selesai mereka bermain banana boat giliran guru-gurunya ga mau kalah. :D
poto: dok. pribadi
Jam 2 siang , kami bersiap-siap meninggalkan Tanjung Keluang, padahal kayaknya anak-anak masih terlalu asik bermain, tapi tak mengapa karena keterbatasan waktu kami harus segera melanjutkan ke tempat lain. ya setelah Tanjung Keluang kita akan segera ke tempat pemandian Uning, semacam waterboom.

Segera setelah mandi dan ganti baju kami menuju ke bibir pantai, disana kapal klotok yang tadi mengantar kita sudah menunggu.

okehhh sekian dulu perjalanan kita di Tanjung Keluang, silakan bagi teman-teman yang mencari referensi liburan di Pangkalan Bun, wajib merapat ke Taman Wisata Alam Tanjung Keluang.

referensi: oncik.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Liburan ke Tanjung Keluang, Taman Wisata Alam di Pangkalan Bun"

1. Banana boat
    Wuih, seru banget tuh.

Momen-momen kencang dan digoyang kanan kiri berusaha agar ga jatuh.

Sampai akhirnya harus jatuh juga.

Pangkalan Bun ya?

Baiklah, masuk dalam daftar jalan-jalan selanjutnya.

Terimakasih
    Mauliate

Balasan
    1. iyaaa brooo seruuuu bgt, hehehe
      yappp di Pangkalan Bun, silahkan merapat
      :D

Hapus
  2. UNTUK PENANGKARAN PENYU NYA DI PANTAI ITU JUGA ATAU BEDA ARAH KAK??